BLOGGERKU

Monday, January 12, 2009

PCMAV VERSUS ANSAV

Sebagai antivirus, PCMAV dan Ansav sepertinya yang paling menonjol dan banyak digunakan oleh pengguna-pengguna Windows di Indonesia. PCMAV lebih lahir dan dikenal lebih dahulu dibanding Ansav. PCMAV hadir dalam CD/DVD yang didistribusikan sebagai bagian Majalah PC Media setiap bulannya. Bagi yang tidak membeli/berlangganan Majalah PC Media, biasa memperoleh dari teman atau mendownload dari website atau blog pengguna/pemilik Majalah PC media, seperti yang saya sediakan juga. Untuk rilis update versi yang beredar, PC Media menginformasikan melalui blog pada virusindonesia.com dan menyediakan link untuk mendownload pake update tersebut.

Sedangkan Ansav dirilis dan didistribusikan melalui media internet, dari menggunakan fasilitas hosting gratis di Geocities, berikutnya didukung blog di WordPress.com, sampai mempunyai website dengan hosting sendiri seperti saat ini. Berbeda dengan PCMAV yang lahir dibawah naungan nama PC Media, Ansav dibuat oleh perorangan.

Apakah keduanya merasa saling bersaing? Saya tidak tahu, tapi seharusnya begitu, agar semakin mendorong pengembangan selanjutnya yang lebih baik, berguna dan mudah digunakan oleh penggunanya. Saya di sini tidak akan membandingkan keduanya dari segi program atau "fungsinya", hanya sekedar iseng membandingkan kiprah keduanya dalam ranah internet.

Pertama adalah seberapa besar pengguna internet mencari keduanya. Di sini saya menggunakan kata kunci "PCMAV" dan "Ansav" dengan mengenyampingkan kata kunci lain yang mungkin banyak juga digunakan untuk mencari keduanya, misalnya "download pcmav" atau "download ansav". Dan hasil dari Google Trends untuk data selama tahun 2007 adalah sebagai berikut:

Dari data tersebut pengguna internet yang mencari "PCMAV" lebih banyak dibandingkan yang mencari "Ansav".

Kemudian adalah perbandingan jumlah pengakses website keduanya. Seperti kita ketahui Ansav.com lebih dahulu lahir dibandingkan VirusIndonesia.com. Berikut adalah grafik jangkauan virusindonesia.com dan ansav.com tehadap jumlah pengguna internet dunia berdasarkan data Alexa satu tahun terakhir:

Dari grafik tersebut jumlah pengakses Ansav.com lebih banyak dibandingkan jumlah pengakses VirusIndonesia.com.

Jika hanya dengan melihat informasi sejak kapan produk itu ada dan bagaimana didistribusikan, sepertinya data-data itu masih sejalan.

posted by reyzah yusak at 6:13 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home