BLOGGERKU

Monday, January 12, 2009

FREE PARALLELS WORKSTATION UNTUK WINDOWS DAN LINUX


Seperti halnya Virtualbox atau Microsoft Virtual PC, Parallels Workstation merupakan software yang dapat digunakan untuk melakukan virtualisasi hardware sehingga memungkinkan untuk menginstall dan menjalankan sistem operasi lain pada saat bersamaan. Misalnya saja, pada komputer Windows yang digunakan dan telah diinstall Parallels Workstation, maka dengannya dapat dilakukan instalasi Windows lagi, Linux, FreeBSD, OS/2, eComStation, Solaris, atau MS-DOS, dan ini nantinya dapat dijalankan secara bersamaan. Berbeda dengan Virtualbox atau Microsoft Virtual PC yang dapat digunakan secara gratis, Parallels Workstation merupakan program komersial seharga $49,99. Namun begitu, saat ini ada cara bagaimana mendapatkan activation key untuk Parallels Workstation secara gratis langsung dari Parallels.

Untuk mendapatkan activation key, masuk ke alamat Lunarpages Registration. Kemudian, pada halaman tersebut isikan nama, alamat email, perusahaan, dan nomor telepon dilanjutkan dengan klik tombol Submit. Pada halaman berikutnya, akan diberikan link download Parallels Workstation baik untuk Windows maupun Linux. Paket untuk Linux sendiri dapat dipilih apakah RPM, DEB, atau TGZ.

Selanjutnya adalah mengecek email pada alamat yang sebelumnya didaftarkan. Jika memang sudah diterima dan berisi activation key yang dapat digunakan, maka selanjutnya adalah melakukan instalasi Parallels Workstation. Yang perlu diperhatikan, pada langkah User Registration setelah License Agreement adalah memilih tombol Skip Registration, sehingga pada langkah selanjutnya dapat memasukkan activation yang didapat.

Lakukan proses instalasi sampai selesai, dan Anda kan dapat mencobanya untuk menambahkan sistem operasi lain yang akan diinstall.
posted by reyzah yusak at 6:07 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home